Profil umum Desa Kepanjen

Selamat datang di Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...


papan nama kantor desa Kepanjen

Bukan Desa Kepanjen di Kabupaten Malang tapi di Kabupaten Jember. Sebuah wilayah di bagian selatan Kecamatan Gumukmas dengan
hawa pantai yang sejuk dan pemandangan yang menarik. Desa ini merupakan salah satu dari beberapa desa di Kecamatan Gumukmas yang digunakan untuk lokasi KKN, yaitu Desa Kepanjen, Desa Mayangan, Desa Karangrejo, Desa Tembokrejo, Desa Bagorejo, dan Desa Gumukmas. Selain itu ada dua desa lagi di Kecamatan Gumukmas tetapi tidak ditempati mahasiswa KKN yaitu Desa Menanpu dan Desa Purwosari.

Desa Kepanjen terletak kurang lebih 50 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Jember dan 7 km dari pusat pemerintahan Kecamatan Gumukmas. Berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia di sebelah selatan, desa Mayangan di sebelah utara, kemudian di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kencong dan di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Puger. Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember merupakan sebuah desa yang terbagi atas 3 dusun. Menurut salah satu tokoh masyarakat, nama Kepanjen diambil dari singkatan nama tiga dusun tersebut, yaitu dusun Krajan, Panggul Melati dan Jeni. Mayoritas penduduknya adalah Madura dan Jawa.(*)
Oldest