Perpisahan dengan adik-adik bimbingan belajar

~Selamat datang di forum silaturrahmi mahasiswa KKN Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember~

         
         Kehadiran mahasiswa KKN di Desa Kepanjen disambut baik oleh warga desa, termasuk anak-anak usia sekolah dasar. Hampir setiap hari tawa canda anak-anak tersebut menghiasi hari-hari KKN mahasiswa UNEJ di desa Kepanjen. Belajar dan bermasin bersama tiap sore dan malam hari, pergi ke pantai di hari libur sekolah, ataupun bertemu di sekolah saat melaksanakan beberapa program kerja. Tingkah lucu dan polos mereka mampu mengusir sepi dan rasa bosan selama menjalani masa KKN. 
          Namun setiap pertemuan pasti diikuti dengan suatu perpisahan. Empat puluh lima hari di Desa Kepanjen begitu cepatnya berlalu hingga tanpa terasa berakhirlah masa KKN. Perpisahan dilakukan pada hari Selasa tanggal 2 September 2014 di pendopo balai desa dengan anak-anak usia sekolah dasar yang hampir setiap sore dan malam hari mengunjungi balai desa untuk belajar dan bermain. Kegiatan perpisahan yang dimulai setelah sholat magrib ini diisi dengan kuis dan permainan berhadiah. Senyum dan tawa selama acara tidak dapat menutupi rasa kehilangan karena begitu dekatnya mahasiswa KKN dengan anak-anak tersebut hingga sudah terasa seperti kakak-adik. Bahkan beberapa anak meneteskan airmata dan mengatakan supaya masa KKN mahasiswa diperpanjang agar dapat lebih lama bermain dan belajar bersama mereka.
         "Kakak disini terus aja biar aku ada temennya belajar. Atau kakak jadi guru di sekolahku aja biar bisa ketemu tiap hari."ucap salah seorang anak dengan lugunya. Para mahasiswa hanya dapat berpesan supaya mereka tetap semangat belajar walaupun tidak didampingi mahasiswa KKN lagi. Mereka juga harus tetap patuh pada kedua orangtua dan rajin menjalankan perintah agama.
        "Kalian harus terus sekolah,nggak boleh nakal sama orangtua. yang rajin ngajinya. Nanti kita bisa ketemu lagi kalau kalian sekolahnya rajin terus bisa kuliah di Jember" pesan salah seorang mahasiswa. Kegiatan ini diakhiri dengan bersalaman dan berfoto bersama.(*)
Previous
Next Post »