Pembuatan Saluran Air Bersih

~Selamat datang di forum silaturrahmi mahasiswa KKN Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember~

          Air bersih merupakan kebutuhan paling mendasar untuk melangsungkan hidup sehari-hari. Hampir semua aktivitas masyarakat di Desa Kepanjen ini selalu membutuhkan air bersih. Akan tetapi, keberadaan air bersih di daerah ini mulai mengalami kesulitan. Hal tersebut disebabkan oleh sering terjadinya banjir di wilayah Desa Kepanjen.
 Dusun Panggul Melati merupakan daerah yang paling sulit untuk mendapatkan air bersih karena Dusun Panggul Melati merupakan dusun yang paling sering terjadi banjir. Ketika terjadi banjir, sumur-sumur yang selama ini menjadi sumber air bersih menjadi tercemar sehingga tidak dapat digunakan untuk konsumsi sehari-hari.
          Dengan kondisi seperti itu, maka perlu dilakukan pembuatan tandon air bersih yang akan disalurkan ke rumah-rumah warga. Air bersih yang ada di tampung dalam tandon yang cukup besar kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air dalam kegiatan sehari-hari. Pelaksanaan kegiatan pembuatan saluran air bersih ini di koordinasi oleh 7 warga, yang dilaksanakan pada hari Senin, 3 Februari 2014. Warga dibantu mahasiswa KKN Tematik Posdaya UNEJ gelombang I tahun 2013/2014 melaksanakan kegiatan ini secara bergotong-royong. Saluran air bersih ini dapat dijadikan solusi krisis air bersih di daerah Panggul Melati dan sekitarnya.
Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan pembuatan saluran air bersih ini adalah sulitnya medan yang akan dijadikan jalan pipa. Hal ini disebabkan struktur tanah yang buruk karena sering digenangi banjir. Untuk mengatasi hal tersebut, kegiatan dilaksanakan jika cuaca baik dan cerah.
Previous
Next Post »