Penyuluhan dan Pembrantasan Demam Berdarah

~Selamat datang di forum silaturrahmi mahasiswa KKN Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember~

         
waspada DBD
(sumber: infopku.com)
          Kondisi Desa Kepanjen yang merupakan daerah rawan banjir, sangat memungkinkan wabah peyakit di sekitar daerah yang rawan banjir. Salah satu contoh yang sangat mungkin terjadi yaitu penyakit demam berdarah. Genangan air yang terjadi di sekitar lingkungan merupakan tempat berkembangbiaknya jentik-jentik nyamuk demam berdarah. Jika hal tersebut dibiarkan, maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan warga lingkungan Desa Kepanjen.
 Oleh karena itu, warga sekitar harus peduli untuk selalu memeriksa jentik-jentik disekitar tempat tinggalnya.
          Dalam pencegahan demam berdarah ini, dibutuhkan kerja sama dan kesadaran untuk saling menjaga lingkungannya agar terhindar dari penyakit, terutama penyakit demam berdarah.Oleh karena itu, setiap hari Jum’at dilakukan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk di rumah-rumah warga, yang dilaksanakan oleh perangkat desa yang dibantu oleh warga sekitar.
          Kegiatan pembrantasan demam berdarah dilakukan setiap hari Jum’at yang bersamaan dengan pelaksanaan program Jum’at bersih yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Kendala yang dihadapi adalah masih banyak warga/masyarakat yang tidak memahami bahaya dari jentik-jentik nyamuk.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, warga diberikan penyuluhan tentang demam berdarah.(*)
Previous
Next Post »