Pelatihan dokter kecil


Selamat datang di desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...


pelatihan dokter kecil sistem berkelompok

       Bagi sebagian masyarakat Desa Kepanjen, menjaga kebersihan dan kesehatan tampaknya bukan suatu hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu tercermin dari kebiasaan mereka mandi dan buang air di sungai. Sehingga cukup banyak yang menderita diare, gangguan saluran pernafasan, dan penyakit kulit lainnya. Padahal kesehatan merupakan
salah satu faktor penting dalam kehidupan, maka pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan perlu diajarkan sedini mungkin.
       Pada pelatihan dokter kecil ini siswa-siswi diajarkan mengenai PHBS (Perilaku Hidup Sehat) seperti kebersihan kulit dan tentang PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Penyampaian materi menggunakan presentasi power point dan poster. Setelah pembahasan materi, acara dilanjutkan dengan praktek tentang mandi sehat, cuci tangan yang baik, serta cara perawatan luka yang benar. Ternyata banyak anak yang masih salah kaprah mengenai perilaku hidup sehat seperti kebiasaan mandi di sungai dan cara merawat luka yang baik, misalnya saja seperti masih banyak anak yang masih menggunakan bahan seadanya seperti pasta gigi dan kecap untuk mengobati luka bakar, padahal hal tersebut merupakan hal yang tidak benar dan justru dapat mengakibatkan keparahan luka. Untuk menguji pemahaman materi diadakan kuis pada akhir acara, siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan diberi hadiah.

pemberian hadiah bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan
       Acara ini bertujuan agar siswa-siswi dapat terbiasa untuk berperilaku hidup sehat serta menjadi contoh yang baik bagi keluarganya dan teman-teman yang lain. Mengingat bahwa pentingnya kesehatan ini perlu diajarkan sedini mungkin, maka kami memilih siswa-siswi sekolah dasar dikarenakan agar mereka dapat membiasakan diri berperilaku bersih dan sehat sejak kecil untuk mencegah timbulnya penyakit di kemudian hari. Pelatihan dokter kecil ini dilaksanakan di 3 sekolah yaitu :
1) SDN Kepanjen 3 pada 8 Agustus 2014
2) SDN Kepanjen 2 pada 12 Agustus 2014
3) SDN Kepanjen 1 pada 14 Agustus 2014
penempelan poster di mading sekolah
       Hal tersebut dimaksudkan agar semakin banyak manfaat yang dapat ditimbulkan bagi masyarakat Desa Kepanjen. Kami juga menempelkan poster tentang PHBS pada mading sekolah siswa-siswi dapat terus meningat mengenai hidup sehat. Hambatan yang dihadapi selama kegiatan ini adalah tidak tersedianya fasilitas pendukung (viewer) yang digunakan untuk menampilkan materi pada beberapa sekolah. Sehingga kami membentuk beberapa kelompok kecil.

       Hasil kegiatan penyuluhan dokter kecil ini, anak-anak mengerti mengenai pengetahuan dasar tentang kesehatan seperti jenis-jenis luka dan dapat mempraktikkan cara menangani luka dengan benar, mengetahui jenis-jenis penyakit kulit dan cara agar terhindar dari penyakit kulit yaitu dengan menerapkan mandi bersih dan sehat. Semua itu bisa terlihat ketika kita memberikan tes tentang cara merawat luka setelah pemberian materi, dan ternyata rata rata siswa bisa melakukan perawatan luka.(*)
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Anonim
admin
2 Februari 2015 pukul 21.36 ×

kegiatan cukup baik. namun perlu ada kegiatan berkelanjutan agar siswa tidak lupa dg yang diajarkan.
salam sehat!

Reply
avatar
Unknown
admin
19 September 2016 pukul 14.48 ×

anak saya menjadi dokter kecil lho

Reply
avatar