Peringatan HUT RI ke 69

~Selamat datang di forum silaturrahmi mahasiswa KKN Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember~

tasyakuran HUT RI ke 69 di Kantor Kecamatan Gumukmas Jember
          Indonesia merupakan suatu negara yang banyak mengalami penjajahan dari bangsa asing. Dengan semangat persatuan dan kesatuan, rakyat Indonesia, setelah berjuang kurang lebih 350 tahun, berhasil mengatasi segala tindakan penyiksaan, perbudakan, penjajahan dan pembodohan. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Bung Karno beserta seluruh rakyat Indonesia mengumandangkan kemerdekaan sepenuhnya yang dicapai atas dasar jerih payah bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan dari bangsa lain.

          Untuk meningkatkan rasa patriotisme dan cinta tanah air seta mengenang jasa para pejuang kemerdekaan maka dilaksanakanlah kegiatan peringatan hari kemerdekaan di seluruh Indonesia, termasuk di Kecamatan Gumukmas Jember, khususnya Desa Kepanjen. Kegiatan yang dilakukan di Desa Kepanjen antara lain berupa jalan sehat (19 Agustus 2014) dimana mahasiswa KKN bertugas mengumpulkan kupon yang nantinya akan diundi pada akhir acara. Setelah acara jalan santai masyarakat melihat pertunjukan marching band yang dimeriahkan oleh sebuah yayasan yang ada di Desa Kepanjen. Pentas seni (20 Agustus 2014) mahasiswa KKN ditugaskan sebagai panitia yang membantu perangkat desa agar acara pentas seni dapat berjalan dengan lancar. Acara pentas seni ini menampilkan karaoke dan tarian daerah yang diikuti oleh siswa – siswi SD di daerah Kepanjen. Acara berlangsung meriah hingga pukul 23.00 WIB. Pada lomba lari maraton 10 km (29 Agustus 2014) mahasiswa KKN ditugaskan untuk memberi stempel pada peserta lari maraton dan sebagai tim dokumentasi hingga akhir acara. Mahasiswa KKN juga berpartisipasi dalam upacara peringatan 17 Agustus di Kantor Kecamatan Gumukmas dan acara karnaval se-kecamatan Gumukmas (30 Agustus 2014).
        
Foto bersama
          Selain itu juga diadakan acara tasyakuran oleh keluarga besar pemerintah kecamatan Gumukmas dalam rangka menyambut HUT RI ke-69 pada tanggal 15 Agustus 2014. Acara tasyakuran ini dihadiri oleh perangkat kecamatan, perangkat desa se-kecamatan Gumukmas, dinas-dinas di Kecamatan Gumukmas, TNI dan Kepolisian Sektor Gumukmas serta Mahasiswa KKN Tematik Posdaya UNEJ 2013/2014 periode II se-Kecamatan Gumukmas. Acara tersebut terlaksana secara khidmad di Pendopo Kantor Camat Gumukmas. Acara tersebut berisi ceramah keagamaan yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah. Manfaat dilaksanakannya acara ini adalah meningkatkan jiwa nasionalisme dan spiritualitas, terjalinnya hubungan silaturrahmi antara mahasiswa KKN dengan aparat dan pejabat di Kecamatan Gumukmas.(*)
Previous
Next Post »