Penanaman Pohon Produktif dan Pelindung di Pesisir

Selamat datang di Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

       
suasana pantai desa Kepanjen Jember
Kelestarian dan keseimbangan alam sangat penting untuk kelangsungan makhluk hidup itu sendiri. Oleh karena itu, perlu dilakukan program penghijauan di sekitar pesisir yang bertujuan untuk melindungi permukiman warga. Kegiatan penanaman pohon produktif dan pelindung di pesisir ini dilakukan dua hari, yaitu
 pada tanggal 24 Januari 2014 dan 25 Januari 2014. Kegiatan penghijauan ini diikuti oleh seluruh warga di Dusun Jeni yang bekerja sama dengan Lions Club Internasional dan dibantu oleh mahasiswa KKN Tematik Posdaya UNEJ gelombang I tahun 2013/2014. Program ini dilaksanakan sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengatur dan menjaga keseimbangan alam agar kondisi alam tetap terjaga.
Untuk program penghijauan ini, jenis bibit yang diberikan sebanyak 1000 bibit pohon akasia. Metode penghijauan di daerah pesisir ini dilakukan dengan penyerahan bibit pada pihak balai desa dan didasarkan pada permintaan warga dengan memperhatikan kondisi tanah dan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan hidup di wilayah Desa Kepanjen. Selain itu, program penghijauan ini diharapkan pada masa yang akan datang bibit tanaman yang ditanam bersifat produktif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
          Kendala yang dihadapi selama melakukan program ini adalah sulitnya akses jalan menuju pesisir pantai. Akses jalan menuju pesisir banyak yang digenangi banjir sehingga harus mencari jalur alternatif yang jaraknya semakin jauh dengan medan yang juga sangat berbahaya.(*)
Previous
Next Post »