Pengenalan dan Pelatihan Mengoperasikan Komputer Bagi Siswa SD

Selamat datang di desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember..

          Desa Kepanjen merupakan daerah yang sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian bertani dan beternak. Sebagian masyarakatnya kurang memahami akan teknologi. Padahal di jaman modern saat seperti ini, tekhnologi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Tekhnologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang dapat diterapkan dan digunakan secara luas. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat terlepas dari tekhnologi, khususnya tekhnologi komputer. Adanya perkembangan dan kemajuan di bidang tekhnologi tersebut membuat pekerjaan manusia menjadi semakin mudah dan cepat untuk diselesaikan. Komputer memiliki fungsi yang sangat kompleks, mudah digunakan dan juga efisien waktu. Dengan adanya komputer, akan mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaannya, sehingga komputer menjadi salah satu alat tekhnologi informasi yang berpotensi memberikan nilai praktis dan tepat guna bagi kehidupan manusia.

           Namun manfaat dari komputer masih belum bisa dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat terutama masyarakat desa seperti yang terjadi di Desa Kepanjen. Komputer baru berkembang di kalangan masyarakat kota, sedangkan masyarakat desa masih belum dapat menggunakan dan memanfaatkan komputer. Perkembangan komputer untuk masyarakat desa masih dapat dikatakan lambat. Masyarakat desa masih banyak yang belum mengenal komputer dan bagaimana cara mengoperasikannya. Dengan demikian diperlukan pengenalan aplikasi komputer pada siswa SD agar dapat memutus mata rantai ketidakpahaman akan tekhnologi kedepannya.
          Tujuan utama dari pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya perkembangan teknologi dan informasi untuk menunjang kegiatan belajar dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang teknologi dan mengenal apa itu komputer dan fungsi bagian-bagiannya secara mendasar serta memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengoperasikannya. Materi yang diberikan berupa pengenalan komputer dan pengoperasian Ms. Word. Hambatan yang dihadapi selama kegiatan ini adalah kurangnya sarana dan prasarana komputer yang mendukung sehingga kami kesulitan untuk memaksimalkan kegiatan ini. Selain itu, jadwal yang sudah kami atur dan disetujui oleh sekolah ternyata terbentur dengan kegiatan yang ada di sekolah. Sehingga program ini hanya dapat terlaksana satu kali di SD Kepanjen 02. Namun hambatan tersebut dapat tertutupi dengan rasa antusias dari para siswa.
          Hasil dari kegiatan ini adalah siswa siswi SD Kepanjen 02 dapat mengoperasikan komputer, dapat membuka Microsoft word dan bisa menggunakannya. Setidaknya mereka sudah dapat melatih diri mereka untuk mengetik dan mengenal toolbar. Bisa dilihat ketika kita mengadakan tes kepada siswa, dan kebanyakan siswa sudah mulai bisa mengoperasikan computer.(*)
Previous
Next Post »