Peningkatan Nilai Jual Ikan Nila menjadi Krupuk Ikan Nila

Selamat datang di Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

          Potensi alam dari suatu daerah sering terabaikan oleh masyarakat itu sendiri, sedangkan jika dimanfaatkan secara baik potensi alam itu dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. Melihat dari potensi desa yang ada adalah melimpahnya hasil dari perikanan. Dengan melimpahnya hasil dari sektor perikanan itu justru dapat menjatuhkan harga jual hasil perikanan. Hal tersebut disebabkan karena
pemilik sektor perikanan tidak dapat memanfaatkan / memanajemen hasil perikanan menjadi hal yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
          Melihat kondisi seperti itu, mahasiswa KKN Tematik Posdaya UNEJ gelombang I 2013/2014 terinspirasi untuk membantu dan memberikan motivasi untuk para warga terutama warga yang memiliki tambak ikan untuk menciptakan home industri. Jumlah hasil perikanan yang melimpah tersebut dapat diolah menjadi krupuk ikan yang nantinya memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
         Dalam kegiatan penyuluhan dan pelatihan peningkatan nilai jual ikan nila menjadi krupuk ikan, warga antusias sangat untuk menginkuti dan menyimak selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 4 Februari 2014, yang diikuti 8 ibu rumah tangga yang mayoritas memiliki tambak.
         Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan program ini adalah kurangnya pemahaman warga tentang manajemen bisnis, sehingga mereka berpikir-pikir untuk melakukan usaha peningkatan nilai jual hasil budidaya ikan. Untuk mengatasi masalah ini, kami memberikan sedikit pemahaman tentang manajemen bisnis yang baik agar warga antusias dalam menjalankan bisnis yang memiliki prospek yang cukup baik untuk kedepannya.(*)
Previous
Next Post »