Penyuluhan Kesehatan tentang Diare


selamat datang di Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

penyuluhan diare
       Diare adalah peningkatan volume, keenceran atau frekuensi buang air besar. Penyakit diare masih sering menimbulkan KLB (Kejadian Luar Biasa) seperti halnya kolera dengan jumlah penderita yang banyak dalam waktu yang singkat. Namun dengan tata laksana diare yang cepat, tepat dan bermutu kematian dapat ditekan seminimal mungkin.
       Penderita diare paling banyak adalah anak-anak (usia 0 bulan – 7 tahun). Bagi masyarakat Desa Kepanjen, diare
merupakan penyakit yang paling sering diderita oleh anak-anak (terutama bayi) mereka. Hal itu menjadi tugas bagi kami sebagai mahasiswa KKN untuk ikut berperan dalam memberantas diare melalui penyuluhan.
       Penyuluhan Kesehatan mengenai Diare ini dilaksanakan pada pertemuan rutin Posyandu di Dusun Panggul Melati dikarenakan pada acara tersebut ibu-ibu beserta anaknya banyak yang hadir. Acara tersebut dihadiri oleh 32 ibu. Materi yang disampaikan yaitu :
1) Definisi diare
2) Penyebab diare
3) Tanda-tanda mengidap diare
4) Cara penularan
5) Penatalaksaan diare
6) Cara mencegah diare
7) Pembuatan oralit.

antusiasme ibu-ibu
       Ibu-ibu juga diberi leaflet mengenai diare agar bisa dibawa pulang dan dipraktekkan di rumah. Pada akhir acara, ibu-ibu diberi kesempatan untuk bertanya mengenai masalah diare. Dalam penyampaian materi penyuluhan dan sesi tanya jawab, mahasiswa juga berkoordinasi dengan bidan desa kader posyandu setempat agar acara dapat terlakasana dengan baik. Hambatannya adalah tidak tersedianya viewer sehingga materi hanya disampaikan lisan dan bantuan layar laptop. Jadwal posyandu yang berubah-ubah juga membuat penentuan waktu pelaksanaan tidak menentu, sehingga harus menyesuaikan dengan jadwal posyandu agar warga ikut berpartisipasi.
       Hasil dari kegiatan ini adalah ibu-ibu menjadi lebih sadar akan bahaya diare, dan mengetahui langkah-langkah dasar menangani penyakit diare terutama jika terjadi pada anak-anak mereka, mengerti cara mudah membuat oralit sebagai obat diare, dan mengetahui cara-cara pencegahan diare. Melalui penyuluhan ini bisa menjadikan warga lebih mengerti mengenai penyakit diare, cara mengatasinya dan cara mencegahnya.(*)
Previous
Next Post »