Peningkatan Nilai Jual Jagung menjadi Kerupuk Jagung

~Selamat datang di forum silaturrahmi mahasiswa KKN Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember~

         Potensi alam dari suatu daerah sering terabaikan oleh masyarakat itu sendiri, sedangkan jika dimanfaatkan secara baik, potensi alam itu dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. Potensi desa yang ada adalah melimpahnya hasil pertanian yaitu jagung dan cabai. Namun melimpahnya hasil dari sektor pertanian tersebut,
justru dapat menjatuhkan harga jual hasil pertanian itu sendiri. Hal tersebut disebabkan karena pemilik sektor pertanian kurang dapat memanfaatkan atau memanajemen hasil pertanian menjadi barang yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Melihat kondisi seperti itu, mahasiswa KKN Tematik Posdaya UNEJ 2013/2014 gelombang II terinspirasi untuk membantu dan memberikan motivasi dan inovasi pada warga terutama warga yang memiliki lahan jagung dan cabai untuk menciptakan home industri dengan mengolah jagung menjadi kerupuk jagung yang dicampur dengan karamel cabai yang nantinya memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
          Selama realisasi program ini, warga sangat antusias untuk mengikuti dan menyimak selama kegiatan berlangsung. Kegiatan pelatihan pembuatan kerupuk jagung pedas manis dilaksanakan di rumah pak Sucipto (ketua posdaya) pada 16 Agustus 2014 yang diikuti oleh 10 ibu rumah tangga dan beberapa remaja putri.  Dalam program ini, peserta diberikan sedikit pemahaman mengenai produksi, akuntansi, dan strategi pemasaran kerupuk jagung agar warga antusias dalam menjalankan bisnis yang memiliki prospek yang lebih baik untuk kedepannya.
          Kegiatan pembuatan kerupuk jagung sudah bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat karena ada sebagian masyarakat yang sudah mulai menerapkan kegiatan ini. Meskipun masih dalam skala kecil tetapi ada juga yang sudah mencoba di rumah mereka masing masing. Harapannya agar periode KKN Posdaya selanjutnya bisa membantu melanjutkan dan meningkatkan pengolahan ini dalam skala yang lebih besar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember.(*)
Previous
Next Post »